08 Mei 2011

Dear Kodok

Assalammualaikum wr.wb.

Dok, apa kabar? Udah lama banget ga denger kabar dari dirimu. Terakhir kontak itu kalo engga salah mau ketemuan bertiga ya sama si Primus. Eeehh malah ga jadi juga, pada sibuk semua sih alias sok sibuk, susah banget cari waktunya. Setelah itu… blast gue engga tau sama sekali kabar tentang lo. Serasa udah berabad-abad lamanya. Bahkan nomor hape lo juga gue ga ada. Aneh banget ya.

Oya Dok, semalem gue dapet SMS dari Rini. Lo tau kan si Rini anak Rohis 3? Waktu kelas 3 dia masuk IPS 3 bareng Umi Mila. SMS masuknya udah malem tuh, hampir jam 11 malem. Tapi gue masih di depan leptop. Gue tulisin ya isi SMS-nya:

“Innalillahi wa inna ilaihi rooji’un. Tmn2 smua ana dpt kbr bhw tmn qt akh handoko meninggal kecelakaan motor d Kalimantan.saat ini jenazahň dipesawat.mhn do’aň..”

Aneh ya SMS-nya? Hehehehe iya gue juga aneh bacanya. Namanya mirip ama nama lo Dok. Well Kodok means Handoko right? Hihihihihi.

Lo masih inget ga Dok waktu SMA dulu, pas kelas dua ya kita sekelas. Bareng Xuxu alias Ninu, Primus aka Pramu yang duduk bareng Aa Ngurah, Sari, Ranu, Astrid, Indah. Wah kalo disebutin semua mending gue pinjem absen dulu deh ke SMA 3. Hahahaha. Pasti lo masih inget lah, yaaa kalo lupa-lupa dikit sih masih wajar namanya juga udah lama banget. (Alasan aja padahal udah bawaan umur mulai lupa ;D)

Saat itu gue berasa jadi Vanya (salah satu tokoh dalam buku novel yang judulnya sama karangan Hilman-dia juga yang ngarang Lupus). Si Vanya itu tokoh cewek dan punya dua sahabat cowok. Kegeeran gue aja sih, gue berasa jadi Vanya dan lo ama Primus yang jadi sobat cowoknya. Waktu tahun terakhir kita di SMA, pas ulang tahun gue lo ngasih gue coklat Silver Queen, si Primus ngasih gue slayer ungu (ini gue lupa kapan dia kasih ya?). Pokoknya gue seneng banget deh waktu kalian kasih kado-kado itu. Lo tau ga? gue sempet ber-BT ria kalo ada cewek-cewek yang suka bercanda ama lo berdua. Hihihihihi.

Gue, lo dan Primus sebagai anak Rohis yang engga taat-taat amat sering banget ya dapet teguran. Mau dari senior atau dari angkatan sendiri. Padahal sih sebabnya sepele, kita bertiga kadang suka main gatak-gatakan, ngakak-ngakakan, lari-larian, pukul-pukulan (ups) di kelas, di lorong, di tangga, atau lorong deket musholla sebelum gue masuk ke pintu untuk cewek. Pernah juga waktu acara AR kita juga ditegur padahal waktu itu lagi konsolidasi. Katanya kalau mau konsolidasi harus pake hijab/pembatas untuk kita bicara jadi ga bisa liat-liatan gitu deh. Hufft cape deh.

Si Iqbal dan Umi Mila pasti stress ngurusin anak buahnya yang ga bisa diatur. Si Xuxu aja pernah kok ngingetin gue, tapi dia lebih halus caranya jadi layak dipertimbangkan. Waktu itu gue ngerasanya aneh banget tuh ama semua orang, masa orang temenan aja ampe disirikin kayak gitu. Tapi kalo diingetnya sekarang justru yang aneh itu kita bertiga. Hahahaha.

Kemaren, dua malam yang lalu gue baru aja chattingan ama Ketek atau Darma atau Carloz Bonceloz di pesbuknya. Katanya waktu itu lo ol juga ya? Sayangnya gue pake hape waktu ol jadi ga bisa sent request langsung ke elo. Gue exiting banget kalo ternyata lo punya pesbuk, sumpah aja. Akhirnya gue bisa menemukan jejak keberadaan lo. Rencananya baru besoknya mau request, katanya lo pake nama Handoko Semeru ya di pesbuk? Gaya banget sih. Mungkin lo punya kenangan ama gunung Semeru ya? Pokoknya kalo nanti kita ketemu lo harus cerita banyak ya…!

Semenjak naik kelas 3, kita udah mulai jarang komunikasi. Mungkin karena beda kelas ya? Gue ama Sari sekelas dan sebangku di IPA 2. Lo ama Primus di IPA 1 sebangku pula. Xuxu ama Ranu juga sebangku di IPA 4. Aa Ngurah di IPS 3, yang lainnya juga berpencaran. Sebenarnya kelas kita masih nempel bahkan di awal-awal gue masih suka main ke kelas lo berdua. Tapi tetep aja beda ya karena udah engga sekelas, lo berdua udah punya temen sekelas yang baru, gue juga gitu.

Sekarang temen-temen banyak yang udah nikah dan memproduksi anak. Hihihihi. Kabar terakhir si Primus baru-baru ini nikah, katanya sih ngundang by pesbuk tapi gue dan Xuxu engga ngeh jadinya ga dateng deh. Lo dateng ga? Si Xuxu bahkan anaknya udah dua dan dia genduuuuuuuuuuut sekali. Kalo lo terakhir liat dia masih kurus pasti sekarang lo bisa kaget kalo ketemu dia (mudah-mudahan dia ga baca ini, tapi dia tetep cantik kok). Si Ranu Verra udah nikah ama Peri, halah namanya itu lho, dokter juga dan udah punya anak. Sari juga udah punya anak satu. Lo kapan? Kalo nikah jangan lupa kasih tau ya, gue usahain banget deh buat dateng. Setidaknya waktu Primus kan gue ga dateng, pas elo gue usahain banget deh.

Inget ga Dok waktu gue ama Primus main ke rumah lo? Waktu itu lo lagi sakit. Kebetulan gue dan Primus lagi liburan semester di Jakarta dan ada acara di SMA 3. Jadinya kita berdua nengokin secara rumah lo kan deket banget ama sekolahan. Walopun ga bawa apa-apa cuek beibeh aja lah. Kita malah yang akhirnya disuguhin es, lo sampe nyetop tuh abang-abang. Hehehehe. Katanya lo sakit karena kecapean, tifus. Tahun pertama lulus SMA, lo kan engga langsung ngelanjutin kuliah tapi kerja dulu karena terlalu diforsir itu makanya lo sakit. Terus waktu itu lo bilang mau ikut bimbel lagi sampai akhirnya tahun 2001 lo jadi junior kita di IPB. Hihihihihi.

Tahun-tahun awal lulus SMA, anak Rohis angkatan kita masih suka ketemu setahun sekali. Setidaknya pas acara buka puasa atau halal bihalal. Tapi lama kelamaan engga jalan juga. Pas acara itu kita masih suka ketemu ya? Ya setidaknya setahun sekali lah.

Lama berselang dari situ, tiga atau empat tahun deh, entah darimana akhirnya gue dapet juga nomor hp lo saat itu. Kalo engga salah tahun 2004. Soalnya waktu itu gue mau nyusun skripsi dan cari bahan di IPB. Waktu itu lo ada praktikum tapi maksaain nganter gue ampe depan perpustakaan Fahutan tempat gue cari bahan buat skripsi. Abis itu lo balik lagi buat nerusin praktikum. Sorenya pas gue udah beres cari bahan, gue cari lo lagi di fakultas sekalian pamit mau pulang. Saat itu lo juga ada kuliah, tapi bukan praktikum. Lo malah nawarin gue buat ke perpustakaan umum di sana padahal saat itu lagi hujan. Jadilah kita sepayung berdua alias ujan-ujanan juga. Lo nemenin gue di perpus itu karena gue bisa pinjem kartu perpus lo kalo gue mau pinjem buku. Azas manfaat namanya juga ama temen, iya kan? Hehehehe.

Setelah liat-liat dan ga ada hasilnya di perpus itu, gue memutuskan untuk balik. Kasian juga ama lo yang harus bolos kuliah. Ternyata lo malah traktir gue bakso di depan kampus Darmaga. Jadi enak deh, apalagi masih ada sisa gerimis. Pas deh dingin-dingin gitu makan bakso. Di warung bakso itu tadinya gue minta dikenalin ama cewek lo, konon katanya lo udah punya pacar waktu itu. Penasaran juga siapa cewek yang sudah menaklukan sobat gue yang satu ini. Tapi lo malah ketawa-ketiwi ga jelas gitu dan ngalihin pembicaraan, ya udah deh ga jadi.

Sebenernya waktu itu juga ada yang mau gue tanyain ke elo. Dulu waktu pengayaan Kimia, ga tau kenapa lo malah masuk kelas gue dan duduk sebangku ama gue. Bukannya merhatiin guru malah kita asik aja ngobrol berdua. Lo pernah cerita tentang dua sahabat, yang satu seneng ama cewek tapi orang ini ngerasa kayaknya si cewek lebih perhatian ke sahabatnya itu. Gue tanya siapa orangnya lo malah ga jawab. Gue penasaran banget siapa tokoh-tokoh dari cerita lo. Gue sempet nebak si ceweknya Xuxu tapi lo juga ga jawab. Pas makan bakso itu tadinya gue mau tanya ke elo, tapi ga jadi. Akhirnya gue penasaran sampai sekarang, payah deh. Nanti lo harus kasih tau gue ya siapa tokoh-tokoh dalam cerita lo itu.

Nah semalem abis dapet SMS dari Rini, gue coba masuk wall lo kok isinya aneh semua ya? Temen-temen lo hampir semua nulisnya selamat jalan Koko, orang baik disayang Allah, semuanya cerita tentang kebaikan lo, dan mendoakan lo. Nanti lo baca deh. Untung lo ga buat privacy setting jadi walopun gue belum temenan ama lo di pesbuk, gue masih bisa liat isi wall dan foto-foto. Temen lo masih sedikit ya, 248 orang berarti lo baru-baru ini ya main pesbuk? Atau males buka-bukanya?

Daripada gue liat wall lo yang ga jelas isinya itu, mending gue liat foto-foto lo deh. Albumnya baru ada empat ya termasuk profile pictures. Foto yang lo tarok di profile picture lagi ga ngeliat kamera tapi teteup yaaaa senyum. Hahahaha. Di situ juga ada foto lain, foto kodok yaitu identitas lo sendiri dan foto panda yang lagi jatuh cinta. Album Pagat Amuntai gue liat ada foto lo sendirian dan tiga lainnya ramean dengan pose-pose andalan lo itu. Yang sendirian lo pegang rokok, agak aneh juga sih. Hehehe. Album wall foto cuma satu foto dan di situ lo pake kumiiiiiiiiiiiiiiiiis. Ini lebih aneh ketimbang foto lagi megang rokok. Wakakakaka. Album terakhir judulnya my brothers, di situ lo foto barengan ama temen-temen lo tapi gambar album depannya foto kucing, entah kucing siapa.

Ga puas liat album foto, gue juga liat foto-foto yang lo di tag-in ama temen-temen lo. Kebanyakan foto angkatan waktu kuliah. Ada juga foto lain yang lagi pegang rokok juga. Gue perhatiin kok lo kayaknya kurus banget ya? Ga pernah makan atau lagi diet? Gemukin dikit dong Dok, lo terlalu kurus. Lo liat deh si Primus udah kayak apa tau, bulet begitu. Lagian kalo mau diet juga harusnya mah gue lah. Tapi gue agak kurusan lho dibanding waktu kita ketemu di IPB dulu. Cuman agaaaaaaak, jadi lo ga usah berharap terlalu banyak ya…. Hahahaha

Udah ah kepanjangan, ntar lo bacanya sambil tidur deh. Mending kita terusin obrolannya kalo kita nanti ketemuan. Pasti banyak deh ceritanya baik dari lo maupun dari gue. Oya, gue udah sent request tuh ke pesbuk lo jangan lupa di approve yaaaaaaaa. Dadah…


Wassalammualaikum wr.wb

*dibuat satu hari setelah mendapat sms aneh tanggal 6 Mei 2011

Tidak ada komentar: